-->

Merakit Komputer Sendiri


Komputer adalah sarana informasi yang saat ini sangat di butuhkan oleh karena itu terkadang masih banyak orang yg merasa bingung untuk memilih jenis PC (personal Computer) yang mau dipakai. Adapun disini akan saya berikan garis besarnya saja untuk bagaimana cara memilih dan merakit komputer.

Pertama kita harus mengenal jenis dari Motherboardnya atau orang sering bilang CPU nya (CPU kepanjangan dari Central Processing Unit). Intinya CPU atau MotherBoard adalah jantung dari mesin komputer tersebut. banyak jenis dari Motherboard yang ada di pasaran sperti ASUS, PCPRO, dan lain-lainnya.

Kedua kita harus Memilih jenis Processor yang sesuai dengan keinginan kita tentunya harus sama posisi slotnya pada Motherboard yang telah kamu beli. Banyak jenis dari Processor yang ada seperti Pentium 3, Pentium 4, Celeron, Core Duo, Core Duo 2. INI semuanya tergantung keigninan kita.

Ketiga kita harus menentukan kapasitas memory yang akan di gunakan, semakin besar kapasaitas memorynya akan semakin cepat kinerja dari Komputer tersebut. Kapasitas memory di tentukan dengan besaran Byte. sperti KiloByte, Mega Byte, Giga Byte.

Ke empat Kita harus memilih media penyimpanan untuk data-data seperti Program-program komputer (Softwere), seperti windows, Microsoft Office dll. Media ini tepatnya berada di dalam casing CPU yang bernama Harddisk. Sesuai dengan namanya Harddisk merupakan perangkat keras yang berbentuk disk ( piringan ) sebagai media penyimpanan. Karna sipatnya permanen maka dimanakan Hardisk, beda halnya dengan Floppy Disk, dimana media tersebut dapat kita bawa-bawa kemana-mana yg sekarang lebih dikenal lagi dengan USB Flash Disk. Kapasitas dari Hard Disk dapat kita pilih sesuai dengan selera kita dari 10 GB, 20 GB, 40 GB (Giga Byte) dan masih banyak yang lainnya.

Kesimpulannya kita siapkan dulu :
  1. MotherBoard
  2. Processor
  3. Memory
  4. Harddisk
  5. Ploppy Disk
  6. CDROM atau CDRW
  7. Chasing
  8. Monitor
  9. MOuse dan KeyBoard
  10. CD Intall seperti : CD Windows, MS-Office, dll

Item 1 sampai dengan 7 kamu rakit jadi satu dalam sebuah Casing Komputer biasa sering disebut satu unit CPU. Kemuadian pasang kabel-kabel koneksi seperti Mouse. Printer, Keyboard, Monitor. (untuk memasukkan Processor,Memory, Harddisk, Floppy Disk ke dalam Motherboard kamu harus tau tata letak dari Motherboard tersebut, biasanya bila sudah ada buku panduannya bila km beli Motherboard tersbut. Setelah semuanya terpasang kamu hidupkan powernya jangan lupa hubungkan kabel dari CPU ke Colokan LIstrik DI rumah km. kalo ada km harus pake stabilizer sebagai pengaman tegangan listrik.


Setelah tampil semuanya atau bila perlu kamu masuk dulu ke Menu BIOS untuk merubah, bila kamu mau merubah setingan Hardwerenya, tapi bisanya udah PLUG AND PLAY.

Jangan lupa bila km mau test komputer yg baru km rakit, kamu harus punya CD atau diskket StartUP, Startup biasanya berbasis DOS, bila semuanya sudah kebaca seperti Hardisk, CDROM, Floppy Disk, Keyboard, monitor, Dllnya berarti kamu tinggal memasukan Softwere yang kamu inginkan tapi kamu harus terlebih dahulu masukin (Install Operating Systemnya dulu) seperti Windowsnya, setelah itu baru install software-software yang lainnya.

OK selamat mencoba dan semoga berhasil........!



7 komentar:

Andri Wiyasa mengatakan...

Thx atas kunjungannya. Btw, Linknya sudah dipasang. Ditunggu link baliknya. Oia, dari mana nich, nemu blog saya?

Andri Wiyasa mengatakan...

Alhmd, blognya sudah nangkring di sini. Oia, ada rencana alih domain, gak? Kan lebih keren, misal: www.misbahss.com, keren, kan? Murah, Mas, beli domainnya aza. Jika berminat, coba aza buka di sini tempat belinya:
http://WIYASA.com

Andri Wiyasa mengatakan...

Ditunggu kabarnya, Mas !!!

Andri Wiyasa

Bek-Tim Electronik mengatakan...

s'lam kenal mas.artikelnya bagus.dtunggu yg lain !

Anonim mengatakan...

Mas Misbah ganteng deh call me Ira 08524236772

misbah mengatakan...

hai Ira pa kbr, emang ada apa nih ira pingin di telpon?

Obat Pemutih Ketiak Herbal mengatakan...

thanks infonya

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More