-->
Checkpagerank.net

Lembar Kerja AutoCAD

Yang dimaksud dengan lembar kerja autoCAD yaitu merupakan sarana dimana kita bisa memulai suatu gambar disign di dalamnya. Sama halnya dengan Software lainnya yang merupakan bawaan dari Microsoft Windows, pada umumnya lembar kerja ini terdiri dari Menu Bar, Tool Bar, adapun yang menjadi perbedaan disini adalah mengenai editor yang di gunakan, misalnya dalam microsoft word editor yang di gunakan umumya untuk menulis bentuk surat dan lain-lainnya. Namun di dalam AutoCAD Editor tersbut di gunakan sepenuhnya untuk Membuat tampilan drawing yang kita inginkan. Untuk lebih jelasnya mengenai drawing Editor ini dapat dilihat pada gambar berikut ini.


Pada gambar di atas tampak bagian demi bagian dari tampilan AutoCAD 2007, yang meliputi :
  1. Menu Bar
  2. Tool Bar
  3. Drawing Editor
  4. Command Lain
  5. Status Bar
1. Menu Bar

Menu bar dalam autoCAD 2007 terbagi kedalam beberapa bagian diantaranya yaitu : File,Edit, View, Insert, Format, Tools, Draw, Dimension, Modify, Window, Help.

Menu File, digunakan untuk Membuat file baru, membuka file, Menyimpan File, mencetak file dan lain-lainnya.

Menu Edit, digunakan untuk mengedit file seperti mengcopy file, serta mempastekannya, menggunting file (Cut) dan lain-lainnya.

Menu View, menu ini digunakan untuk melihat tampilan dari drawing yang kita kerjakan seperti memperbesar atau memperkecil tampilan drawing yang kita gambar, menggeser-geser drawing ( Pan ) dan lain-lainnya.

Menu Insert, digunakan kan untuk menyisipi file seperti insert Block, Insert Layout, insert Ole Object (menyisikan file lain selain file autoCAD), dan lain-lainnya.

Menu Format, digunakan untuk fasilitas Format seperti : Format Font, Format Dimension, Format Text Style, Format Layer dan lain-lainnya.

Menu Tools, Digunakan untuk fasilitas tool seperti : Drafting Setting, option, spelling dan lain-lainnya.

Menu Draw, menu ini digunakan untuk membuat bentuk drawing yang kita inginkan seperti bentuk lingkaran, garis, busur, segi empat, segi banyak dan lain-lainnya.

Menu Dimension, menu ini digukanan untuk memberikan ukuran pada gambar yang kita buat. banyak macam-macam dari dimension yang dapat kamu pelajari di pembahasan berikutnya.

Menu Modify, digunakan untuk memodifikasi bentuk ukuran, seperti penambahan simbol lain pada dimension dan lain-lainnya.

Menu Window, menu digunakan untuk menutup drawing dan kembali ke drawing baru, membagi beberapa drawing editor menjadi beberapa bagian secara tile dan cascade, dan lain-lainnya.

Menu Help, menu ini digukanan untuk menu pertolongan yang berkaitan dengan program autoCAD itu sendiri.

2. Tools Bar

Fungsi utama dari Tools Bar adalah fasilitas dimana kita dengan mudah mencari perintah-perintah AutoCAD secara mudah dan lebih cepat serta simple, Tools Bar biasanya digunakan untuk mewakili menu bar. banyak macam-macam dari tools bar di dalam AutoCAD diantaranya yaitu :
  • Standar Toolbars
  • Stayles Toolbars
  • Layers Toolbars.
untuk toolbars ini akan saya utarakan pada pembahasan mendatang.

3. Drawing Editor

Drawing editor adalah berfungsi untuk membuat bentuk gambar yang kita inginkan, di dalam drawing editor terbagi kedalam beberapa bagian diantaranya yaitu : Model, Layout dan Sumbu koordinat.

Model yaitu digunakan untuk membuat drawing model apa saja yang kita inginkan sesuain dengan kebutuhan kita, sedangkan Layout adalah hasil akhir dari Model atau gambar yang kita buat di dalam model tersebut. Layout ini yang nantinya untuk mencetak bagia-bagian gambar yang kita inginkan, dan layout ini dapat terdiri dari beberapa layout dengan cara menyisipkan layout atau Add Layaut.

Sumbu Coordinat, terdiri dari sumbu X dan Y ini digunakan untuk drawing 2D sedangkan sumbu X, Y dan Z , penambahan sumbu Z ini digunakan untuk drawing 3D. untuk lebih jelasnya mengenai 2D dan 3d dapat dilihat pada menu pilihan.

4. Command Line.

Di bagian bawah pada tampilan AutoCAD ada tulisan Command, ini digunakan sebagai menu klasik dari autoCAD itu sendiri, bila kita sudah mengerti dan hapal dengan perintah-perintah autocad seperti membuat line, lingkaran dan lain-lainnya dapat di tulis kan langsung pada Command line tersebut misalnya sebagai contoh.

Command : ketik Line lalu Enter

setelah penekanan tombol enter nantinya ada instruksi lain untuk kita input di dalam command line tersebut.

5. Status Bar

Status bar, atau baris status ini untuk menunjukan beberapa fasilitas seperti, Grid, Snap, Orto, Polar, Osnap, Model dan lain-lainnya. Status bar terletak paling bawah dari tampilan program AutoCAD.

demiian bahasan tentang lembar kerja autocad semoga bermanfaat untuk pembaca umumnya. dan moga dapat dimengerti uraian singkat ini.

Salam Misbah, Eskom
email : misbah_ss@yahoo.com Or misbah_ss@telkom.net




















2 komentar:

Anonim mengatakan...

bermanfaat.. tangks...

Obat Mata Herbal mengatakan...

thanks infonya

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More