-->
Checkpagerank.net

Resistor

Resistor adalah merupakan tahanan yang berarti dapat dikatakan sebagai tahanan arus atau menahan arus yang akan diberikan ke komponen lainnya, seperti transisitor, kapasitor, IC dan lain-lainnya. besaran dari resistor biasanaya dengan simbol omega, besaran paling kecil yaitu ohm dan besaran paling besar giga ohm. 1 kilo ohm = 1000 ohm, 1 Giga ohm = 1000000 ohm. resistor ini biasanya mempunya kode warna di badannya dan kode-kode warna itu mempunya nilainya tersendiri. Kode warna dari Resistor sebagai berikut :



H itam nilai warna 0
C oklat nilai warna 1
M erah nilai warna 2
O range nilai warna 3
K uning nilai warna 4
H ijau nilai warna 5
B iru nilai warna 6
U ngu nilai warna 7
A bu-abu nilai warna 8
P utih nilai warna 9
E mas 10%
P erak 5%

Jika kita lihat dari gambar di atas maka dapat kita lihat kode warnanya yaitu : Merah, Kuning dan Hitam, yang mempunyai Nilai Merah = 2, Kuning = 4 dan Hitam = 0, yang berarti mempunya nilai tahanan 240 ohm. Jika warna ke tiga dari gambar tersebut yaitu Hitam kita ganti dengan warna merah yaitu bernilai = 2, jadi nilainya sebesar 2400 ohm atau 2.4 Kilo Ohm.

Jenis-Jenis Resistor

Resistor digolongkan menjadi 2 jenis diantaranya yaitu :

  1. Fixed Resistor, yaitu Suatu jenis resistor yang mempunyai nilai tahanan Tetap (Fixed), jenis resistor ini biasanya ada kode warna di badannya seperti telah di jelaskan diatas.
  2. Variable Resistor, yaitu Suatu jenis resistor yang nilai tahanannya dapat berubah-ubah sesuai dengan yang dikehendaki. Dan jenis ini dapat di golongkan lagi diantaranya :
  • LDR ( Light Dependend Resistor ), yaitu jenis resistor variable yang nilai tahanannya dapat berubah-ubah sesuai dengan perubahan cahaya yang mengenai badan dari LDR tersbut. Bila dalam keadaan cahaya terang nilai tahannya akan berkurang atau sebaliknya.
  • Termistor (Termali Resistor), yaitu jenis resistor yang nilai tahannya dapat berubah-ubah sesuai dengan suhu ruangan, atau suhu udara lainnya. jenis ada 2 macam ada yang berpengaruh terhadap suhu dingin dan ada juga yang berpengaruh pada suhu panas.
  • Trimpot ( Trimer Potensio ), yaitu jenis resistor yang nilai tahanannya dapat berubah-ubah sesuai dengan trimer atau biasanya kita manggunakan alat untuk mengetrimnya, bisa juga dengan menggunakan oble minus untuk merubah-ubah nilai tahannya, jenis ini biasanya digunakan untuk mengatur intensitas cahaya pada TV, dan juga untuk mengatur V-Hold, H-Hold pada TV.
  • Potensio Meter(potensio), yaitu hampir sama dengan Trimpot, nilai tahanannya dapat berubah-ubah dengan memutar bagian wiper pada potensio tersebut.
masih banyak lagi jenis dari resistor ini, dan hanya ini yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini.







1 komentar:

obat jerawat herbal mengatakan...

thanks

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More