-->
Checkpagerank.net

Lembar Kerja VB

Apa yang dimaksud dengan lembar kerja...?, Lebar kerja bisa diartikan dengan fasilitas kita untuk membuat pekerjaan didalamnya, atau membuat sesuatu yang telah di tetapkan oleh software tertentu seperti pada Visual Basic, lembar kerja ini digunakan untuk membuat Form aplikasi, membuat kode program dan lainya.

Didalam VB.6.0 bila pertama kali program dijalankan nantinya akan muncul tampilan dari lembar kerjanya seperti terlihat pada gambar berikut ini :



seperti kebanyakan software yang berbasis window tampilan yang ada seperti Munu Bar, Tools Bar. Di dalam VB Menu Bar terdiri dari beberapa bagian diantaranya : File,Edit, View, Project, Format, Debug, Run, Query, diagram, Tools, Add-Ins, Window dan Help. Dimana menu-menu tersebut mempunyai fungsinya masing-masing.

di tengah-tengah ada dua lembar kerja yang saling berpasangan terdiri dari Project1-Form1(Form) yang di dalamnya terdapat lembar Form. Form ini di dalam VB. 6.0 digunakan untuk membuat bermacam bentuk form sesuai dengan kebutuhan kita. atau dapat diartikan Form itu sebagai media yang di gunakan untuk dasar program kita yang nantinya akan ditampilkan seperti misalnya membuat Form data karyawan dan lain-lainnya. Project adalah nama dari aplikasi yang akan kita buat, jadi dalam VB istilah membuat file baru dapat diartikan dengan sebuah bentuk project baru, dan nama project itu sesuai dengan nama yang akan kita gunakan. Bisanya nama project itu berextention .vbp misalnya Gaji.vbp, dimana didalam sebuah project terdiri dari beberapa form aplikasi sesuai dengan keinginan kita. biasanya dimulai dari Form1, Form2 dan seterusnya. Nama Form ini dapat kita danti di propertis yang terletak di sebelah kanan lembar kerja VB.

untuk lebih jelasnya mengenai form akan di utarakan pada Sub menu tentang membuat Form. Demikian yang dapat disampaikan semoga bermanfaat yah......!














0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More