-->
Checkpagerank.net

Membuat Form dalam VB.6.0

Seperti yang telah dibahas pada sub menu sebelumnya, Form ini digunakan untuk membuat tampilan sebuah program aplikasi dengan bentuk form atau lembar isian yang dapat kita isi dan dapat juga kita edit hasilnya. Contoh sederhana dapat dilihat pada gambar dibawah ini :



gambar di atas merupakan contoh form yang sudah jadi, dimana untuk membuat bentuk seperti itu kita dapat membuatnya dengan bantuan tool bar yaitu Tool Box yang terletak disebelah kiri lembar kerja Vb.6.0, Tool box standar yang ada seperti : Pointer, PictureBox, TextBox, Label, Frame, CommandButton dan lain-lainnya.

  1. Pointer digunakan untuk menggeser atau memindahkan object di dalam form.
  2. PictureBox digunakan untuk menyisipkan gambar pada form.
  3. TextBox digunakan untuk membuat kotak isian didalam form.
  4. Label digunakan untuk membuat tulisan di dalam form.
  5. Frame digunakan untuk membuat frame atau list biar lebih menarik tampilannya.
  6. CommandButton digunakan untuk berpindah ke lain intruksi seperti terlihat di atas yang berwarna pink berbentuk persegi panjang dengan tulisan didalamnya.
sebenarnya banyak sekali fasilitas dari Tool box di dalam VB, kita dapat menambahkannya dengan menggunakan component tambahan yang dapat dihubungkan dengan VB.6.0 tersebut, cara kita click kanan mouse pada Tool box tersebut, lalu kita pilih component apa saja yang dapat kita gunakan. mengenai component ini banyak sekali yang tak dapat di uraikan dengan rinci pada postingan ini, karna terlalu luas untuk di jabarkan.










2 komentar:

Adibaskom mengatakan...

Tutorialnya siip mas, thanks.

Obat Keputihan Herbal mengatakan...

thanks ya

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More